Berbagai Macam Kegiatan Instalasi Gizi dalam Rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke 62

Rabu Pahing, 26 Januari 2022 09:02 WIB ∼ 221

Foto Berita

 

Dalam rangka Hari Gizi Nasional yang ke 62 Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul mengadakan berbagai macam Kegiatan:

NO

TANGGAL

KEGIATAN

TEMPAT

1

17 Januari 2022

Pembuatan leaflet dan poster dengan tema tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”

 

2

20 Januari 2022

Penyuluhan dengan tema “Konsumsi Pangan Beraneka Ragam Untuk Mencegah Masalah Gizi Ganda”

Area depan pendaftaran zona 2

3

24 Januari 2022

Penyuluhan dengan tema “Pemberian ASI Eksklusif untuk Mencegah Stunting”

Area depan Poliklinik Anak dan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan

4

25 Januari 2022

  1. Penyuluhan dengan tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”
  2. Pengukuran status gizi gratis
  3. Konsultasi gizi gratis
  4. Free sampel  produk Instalasi Gizi (Selasih)
  5. Podcast dengan tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas

Area depan pendaftaran zona 2

 

 

Ruang podcast

 

Saat ini ndonesia  tengah menghadapi beban ganda masalah gizi. Di satu sisi, Indonesia menghadapi masalah gizi kurang yang berdampak pada kondisi tubuh yang pendek atau stunting dan kurus. Di sisi lain dihadapkan pada masalah gizi lebih yakni obesitas atau kegemukan. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurang gizi kronis dan infeksi berulang ditandai dengan panjang atau tinggi badan berada di bawah standar.  Stunting dapat disebabkan karena kurangnya asupan gizi serta kurangnya pengetahuan orang tua akan pentingnya kesehatan. Dampak stunting pada anak dapat berpengaruh dari kecil hingga dewasa.  Dalam jangka pendek menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh dan pertumbuhan fisik. Seiring dengan bertambahnya usia anak, stunting dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, kurang gizi yang dialami pada awal kehidupan juga berdampak pada peningkatan resiko gangguan metabolik yang berujung pada kejadian penyakit tidak menular pada usia dewasa, seperti DM Tipe II, Stroke, Penyakit Jantung dan lainnya. Dalam jangka panjang hal ini akan berdampak pada menurunnya produktifitas yang selanjutnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat, sehingga edukasi kepada masyarakat penting untuk dilakukan agar bangsa Indonesia terbebas dari masalah gizi ganda.

Tema Hari Gizi Nasional tahun 2022 adalah “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”. Mengangkut sub tema antara lain mengkonsumsi pangan beraneka ragam, rutin memantau berat badan, serta memberikan ASI eksklusif kepada bayi. Slogan HGN tahun ini adalah Gizi Seimbang, Keluarga Sehat, Negara Kuat.

Tujuan kegiatan ini adalah menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat luas khususnya pengunjung Poliklinik Rawat Jalan di RSUD Panembahan Senopati Bantul tentang pentingnya pelayanan gizi spesifik dan sensitif untuk mencegah masalah gizi ganda.