PEKAN PEDULI HEPATITIS B, YUK CEGAH DENGAN IMUNISASI

Rabu Kliwon, 6 Oktober 2021 08:51 WIB ∼ 129

Kategori : Edukasi

Pekan Peduli Hepatitis B tahun ini diperingati pada tanggal 4 Oktober s/d 12 Oktober 2021. Mengingat Hepatitis B adalah penyakit serius yang dapat menyerang hati dan menyebabkan penyakit akut maupun kronis, penting bagi kita untuk memahami penyakit ini beserta cara mencegah dan mengatasinya.

Hepatitis B adalah penyakit akibat infeksi virus yang bisa ditularkan melalui perilaku seks bebas, penularan dari ibu ke anak selama proses persalinan, penggunaan narkoba suntik, penggunaan alat suntik secara bergantian, serta penularan melalui benda tajam yang dapat menyebabkan luka terbuka. Virus ini bisa menyebabkan penyakit serius seperti sirosis hati, kanker hati, bahkan kematian.

Hepatitis B dapat dicegah menggunakan imunisasi yang bisa diberikan sesegera mungkin kepada bayi setelah lahir. Kemudian ketiga dosis selanjutnya diberikan ketika bayi berusia 2, 3, dan 4 bulan. Setelah itu, bayi perlu mendapatkan imunisasi hepatitis B ulang (booster) saat ia berusia 18 bulan. Sedangkan bagi si ibu, untuk mengurangi risiko penularan dari ibu ke bayi saat proses persalinan, si ibu diberi medikasi antiviral. 

Sedangkan untuk usia dewasa juga bisa diberikan Imunisasi Hepatitis B khususnya bagi beberapa orang yang beresiko tinggi terinfeksi Hepatitis B seperti :

Orang-orang yang pasangannya memiliki hepatitis B; Orang yang aktif secara seksual yang terlibat hubungan dengan lebih dari satu pasangan dalam jangka panjang; Orang-orang yang sedang diperiksa atau sedang mendapat pengobatan atas penyakit menular seksual; Lelaki yang melakukan kontak seksual dengan lelaki lain; Orang-orang yang berbagi jarum suntik, suntikan, atau peralatan injeksi obat-obatan lainnya; Orang-orang yang melakukan kontak suami-istri dengan seseorang yang terkena virus hepatitis B; Para petugas kesehatan dan keselamatan publik yang beresiko terkena darah atau cairan tubuh; Para penghuni dan petugas prasarana orang-orang yang cacat perkembangan mental; Orang-orang yang berada di Lembaga Permasyarakatan; Para korban kekerasan atau pelecehan seksual; Para wisatawan yang berkunjung ke daerah dengan tingkat hepatitis B yang tinggi; Orang-orang dengan penyakit hati menahun, penyakit ginjal, infeksi HIV, atau terkena diabetes; dan Siapapun yang ingin terlindung dari hepatitis B

Beberapa info lengkap tentang Hepatitis B bisa di download disini :

1. Infodatin Kemenkes Hepatitis B (Sumber : Kemenkes RI)

2. Panduan Peringatan Hari Hepatitis Sedunia XII (Sumber : Kemenkes RI)

3. Vaksin Hepatitis B Yang Perlu Anda Ketahui (Sumber : U.S. Department Of Health And Human Services; Centers For Disesase Control And Prevention)

Yuk bersama - sama kita cegah hepatitis B. (why-red)