HANYA BUTUH BEBERAPA DETIK, NAMUN BISA MENYELAMATKAN NYAWA KITA

Kamis Pon, 14 Oktober 2021 10:39 WIB ∼ 114

Kategori : Edukasi

Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (15/10/2021), mengingatkan kita kembali akan pentingnya cuci tangan yang benar. Tidak berlebihan kiranya jika Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang rata - rata hanya membutuhkan waktu 60 detik dikatakan bisa menyelamatkan nyawa. Terlebih saat Pandemi Covid-19 ini, cuci tangan menjadi salah satu kegiatan yang menjadi pusat perhatian dalam pelaksanaannya karena menjadi langkah pertama dalam mencegah penularan virus corona yang mematikan.

Yuk kenali lebih dalam tentang cuci tangan pakai sabun yang benar.

Menurut Kementrian Kesehatan RI, langkah cuci tangan pakai sabun yang benar adalah sebagai berikut :

1. Tuang Sabun Cair Di Telapak Tangan dan Gosok Telapak dengan Telapak

Bagian telapak tangan biasanya lebih mudah mengandung banyak kuman dan bakteri karena aktivitas sehari - hari menyentuh barang disekitar kita. Jika dibiarkan, bakteri atau kuman yang menempel bisa terus berkembang biak. Saling gosokan telapak tangan anda yang satu dengan telapak tangan lainnya.

2. Gosok Telapak Tangan Kanan di Atas Punggung Tangan Kiri & Sebaliknya

Membersihkan punggung tangan tak boleh terlewatkan saat Anda sedang mencuci tangan karena juga berpotensi mengandung kuman dan bakteri yang banyak.

3. Gosok Sela - Sela Jari

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau bakteri yang ada di sela-sela jari. Rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling gosok sela-sela jari tersebut. 

4. Kunci

Sampai langkah ini, anda perlu meletakkan punggung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi saling mengunci. Selanjutnya, putar-putarkan punggung jari tersebut di atas telapak tangan. 

5. Gosok Memutar Jempol Kanan Menggunakan Telapak Tangan Kiri & Sebaliknya

Langkah ini dilakukan agar bakteri maupun kotoran yang ada di sekeliling jempol ikut terbilas. Gosok memutar minimal 4 kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya. 

6. Kuncupkan Jari dan Putar di Atas Telapak Tangan

Cara ini dilakukan untuk membersihkan kuku jari yang rawan menjadi sarang kuman dan kotoran. 

Setelah semua langkah cuci tangan tersebut dilakukan, bilas sisa sabun dengan air mengalir hingga bersih. Lalu, keringkan tangan dengan tisu kering atau handuk yang bersih dan tidak digunakan bergantian. Matikan keran dengan siku tangan atau tisu agar kuman yang menempel di keran tidak menempel di tangan anda yang telah bersih.

Selengkapnya tentang Cuci Tangan Pakai Sabun yang benar bisa dilihat dalam Panduan dari Kemenkes RI. Klik link berikut ini : PANDUAN CUCI TANGAN YANG BENAR

*Untuk mendapatkan update informasi terkini dari RSUD Panembahan Senopati Bantul, silahkan bisa follow akun Sosial Media RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan meng-klik :

Youtube : RSUD PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL 

Instagram : rsudps_bantul

Facebook : Rsud Panembahan Senopati Bantul