CINTAI MATA ANDA, "MEMPERINGATI WORLD SIGHT DAY 2021"

Senin Kliwon, 11 Oktober 2021 08:50 WIB ∼ 183

Tepat hari ini, 11 Oktober 2021, diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia dengan tema tahun ini adalah "Cintai Mata Anda".

Secara global, setidaknya 1 miliar orang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat atau jauh yang dapat dicegah masih belum tertangani. Gangguan penglihatan mempengaruhi orang-orang dari segala usia, dengan mayoritas berusia di atas 50 tahun. (WHO).

Seriusnya masalah ini membuat kita harus mulai peduli akan kesehatan mata sedari dini. Beberapa tips berikut ini dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan (Sumber : iapb.org)

1. Prevent (Mencegah)

Banyak penyakit mata yang dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah tentang makan sehat dan mengadopsi kebiasaan sehat.

2. Protect (Melindungi)
Beberapa cara melindungi mata diantaranya adalah dengan memakai pelindung mata, membersihkan soft-lens, menjaga jarak dengan radiasi cahaya dari handphone atau layar monitor.

3. Preserve (Mempertahankan)

Rencanakan,pertahankan, dan selalu lakukan pemeriksaan mata yang komprehensif.

4. Prioritize (Prioritaskan)
Pastikan bahwa pemeriksaan mata adalah bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin Anda.
Prioritaskan kesehatan mata Anda dan pertimbangkan prinsip “Cintai Mata Anda” sebagai misi hidup dan juga edukasi kepada keluarga, orang-orang terkasih dan masyarakat tentang pentingnya penglihatan.

Akhirnya kami mengajak anda semua, mitra menuju sehat RSUD panembahan Senopati Bantul untuk senantiasa menjaga kesehatan mata sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas nikmat penglihatan. Selamat memperingati Hari Penglihatan Sedunia. Cintai Mata Anda. (why-red)